Jumat, 11 Desember 2015

manfaat filsafat bagi kehidupan praktis



 Manfaat filsafat bagi kehidupan praktis

·         Filsafat memberikan konsep-konsep dasar dan menunjukkan arah tujuan.
Mempelajari filsafat secara kritis bermanfaat dalam memperkokoh atau mengubah konsep-konsep dasar yang kita yakini benar,  termasuk sistem nilai yang kita miliki dan bagaimana kita memandang dunia secara umum.  Adapun hal ini memungkinkan akan dapat memperkokoh atau mengubah nilai kebahagiaan yang ingin kita capai, tujuan yang ingin kita capai daalam hidup dan atau dalam profesi kita, bahkan sampai kepada pola hidup kita.

·         Filsafat membawa kita kepada pemahaman dan tindakan praktis.
Filsafat memang tidak memberikan petunjuk teknis untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sebagaimana halnya ilmu (sains). Tetapi filsafat yang radikal itu, bermanfaat untuk memberikan pemahaman mengenai apa hakikat (yang esensial, yang sesungguhnya atau yang sebenarnya) mengenai segala sesuatu. Dengan demikian filsafat akan membawa kita kepada pemahaman tentang segala sesuatu, adapun pemahaman tersebut akan membawa kita kepada tindakan yang lebih layak yang diyakini benar.

·         Filsafat mengembangkan sikap kritis dan kemandirian intelektual.
Filsafat mengajak kita untuk menguji dan mempersoalkan kembali pikiran/konsep/teori bahkan dogma yang sudah kita anggap benar, mengajak kita untuk mengambil posisi dalam perbedaan-perbedaan pendapat yang ada, dan mengajak kita untuk menetapkan pendirian kita sendiri. Dengan demikian filsafat bermanfaat dalam mengembangkan sikap kritis dan kemandirian intelektual.

·         Filsafat mengembangkan sikap toleransi
Dengan mempelajari filsafat kita akan mengetahui dan memahami adanya perbedaan konsep/teori/pikiran dari setiap filsuf atau aliran filsafat. Dengan demikian, filsafat memberikan manfaat dalam memahami adanya perbedaan paham atau pandangan. Sekalipun kita akan tetap dengan posisi dan pendirian kita, tetapi kita pun akan toleran terhadap kenyataan adanya perbedaan paham atau pandangan yang dianut orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar