Impilikasi filsafat idealisme terhadap pendidikan
1. tujuan pendidikan
Menurut para filsuf idealisme,
pendidikan bertujuan untuk membantu perkembangan pikiran dan diri pribadi
(self) siswa. Dengan kata lain, pendidikan bertujuan untuk membantu
pengembangan karakter serta mengembangkan bakat manusia dan kebajikan sosial
(Edward J. Power, 1982).
2. kurikulum pendidikan
Demi mencapai tujuan pendidikan di atas,
kurikulum pendidikan idealisme berisikan pendidikan liberal dan pendidikan
vokasional/praktis. Pendidikan liberal dimaksudkan untuk pengembangan
kemampuan-kemampuan rasional dan moral, adapun pendidikan vokasional untuk
pengembangan kemampuan suatu kehidupan/pekerjaaan. Kurikulumnya diorganisasi
menurut mata pelajaran dan berpusat pada materi pelajaran (subject matter
centered).
3. metode pendidikan
Metode mengajar hendak mendorong siswa
memperluas cakrawala; mendorong berpikir reflektif; mendorong pilihan-pilihan
moral pribadi, memberikan keterampilan-keterampilan berpikir logis; memberikan
kesempatan menggunakan pengetahuan untuk masalah-masalah moral dan sosial;
meningkatkan minat terhadap isi mata pelajaran; dan mendorong siswa untuk
menerima nilai-nilai peradaban manusia (Callahan and clark, 1983). Sebagaimana
dikemukakan Edward J. Power (1982), para filsuf idealisme “lebih menyukai metode
dialektik, tetapi beberapa metode yang efektif yang mendorong belajar dapat
diterima. Metode pendidikan idealisme cenderung mengabaikan dasar-dasar
fisiologis dalam belajar”.
4. peran guru dan siswa
Para filsuf idealisme mempunyai harapan
yang tinggi dari para guru. Menurut filsuf idealisme, guru harus unggul
(excellent) agar menjadi teladan bagi para siswanya. Keunggulan harus ada pada
guru, baik secara moral maupun intelektual. Tidak ada satu unsurpun yang lebih
penting di dalam sistem sekolah selain guru. Guru harus unggul dalam
pengetahuan dan memahami kebutuhan-kebutuhan serta kemampuan-kemampuan para
siswanya. Adapun siswa berperan bebas mengembangkan kepribadian dan
bakat-bakatnya. (Edward J. Power, 1982)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar