Rabu, 16 Desember 2015

ETIKA KEILMUAN



ETIKA KEILMUAN

A. Pengertian Etika
Dalam bahasa inggris. Etika disebut ethic (singular) yang berarti a system of moral principles or rules of behaviour, atau sesuatu system, prinsip moral, aturan atau cara berprilaku. Akan tetapi ethics (plural) berarti the branch of philisophy that deals with moral principles, suatu cabang filsafatyang memberikan batasan prinsip-prinsip moral.
Dalam bahasa yunani. Etika berarti ethikos mengandung arti penggunaaan, karakter, kebiassaan, kecendrungan dan sikap yang mengandung:
1.      Analisis konsep-konsep seperti harus , mesti, benar-ssalah
2.      Pencarian kedalam  watak moralitas atau tindakan moral
3.      Serta mengandung pencarian kehidupan yang baik secara moral
            Dalam bahasa yunani kuno. Etika berarti ethosDalam bemntuk tunggal mempunyai arti tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang,adat,akhlak, watak perasaan. Sikap dan cara berpikir, dalam bentuk jamak artinya adalah adat kebiasaan.
            Etika berarti ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Arti inilah yang menjadi latar belakang bagi terbentuknya istilah “etika” yang oleh aristoteles (382-322 sm) sudah dipakai untuk menunjukan filsafat moral.
B.     Ruang Lingkup Etika
            Etika membicarakan segala perbuatan yang berkaitan dengan manusia lingkungan hidupnya. Karena ruanglingkup etika banyak berkulat pada manusia, dengan  demikian etika juga berurusan dengan persoalan manusia sebagai manusia . Bukan manusia sebagai dosen, mahasiswa, supir, rektor, pustakawan, tukang sapu dll.
C.     Moral
            Epistemologi moral, Dalam kaitannya dengan permassalahan moral , pertanyaan tersulit adalah “Dari mana kita bisa memutuskan suatu itu baik atau buruk, benar atau salah?”
Contoh:
“Bisakah kita mengetahui bahwa menyiksa anak tidak berdosa adalah perbuatan tidak bermoral?.  Lebih jauh lagi bisakah kita mengetahui baik atau buruk iti?”
            Sejatinya, epistemologi moral membedakan permasalahan tersebut, persoalan pengetahuan dan justifikasi tentang moral.
            Moral berarti sesuatu yang menyangkut  prinsip benar dan salah dari suatu perilaku dan menjadi standar perilaku manusia. Moral berasal dari bahasa latin moralis yang berarti adat istiadat, kebiasaan, cara , dan tingkah laku. Moral mengandung 4 pengertian:
1.      Baik-buruk, benar-salah, tepat-tidak tepat dalam aktivitas manusia.
2.      Tindakan benar, adil dan wajar
3.      Kapassitas untuk diarahkan pada kesadaran benar-salah, dan kepastian untuk   mengarahkan kepada orang lain sesuai dengan kaidah tingkah laku yang dinilai benar-slah, dan sikap seseorang dalam hubungannya dengan orang lain.
Moralitas: nilai, sifat moral, keseluruhan azas tingkah laku yang berkaitan dengan moral baik dan buruk. Ada dua kata yang berhubungan dengan moralitas yaitu:
1.      Amoral: kata ini tidak dihubungkan dengan konteks moral, diluar etis dan tidak mempunyai relevansi dengan etis.
Contoh : seorang petani tidah memeakai bju saat bekerja di sawah.
2.      Immoral: tidak bermoral, tidak berakhlakj dan tidak etis.
Contoh: seorang petani tidak memakai celana ketika ke sawah.
D.    Kajian Etika Ilmu
            Menurut K. Bertens (2004: 15-22) mengungkapakan bahwa kajian etika dapat dibagi menjadi tiga bagian, sebagai berikut:
a.       Etika Deskriptif
Etika Deskriptif adalah Mendeskripsikan tingkah laku  moral dalam arti luas, seperti: Adat kebiasaan, Anggapan tentang baik dan buruk. Tindakan-tindakan yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan.
Etika deskriptif bersifat mengkomparatifkan perbedaan cara masyarakat menjawab pertanyaan moral, tidak pernah menjustifikasi suatu kebudayaan yang ada.
Contoh etika deskriptif:
Di selandia baru:isyarat”nebeng” kendaraan di amerika yaiu tangan terkepal dengan ibu jari secara horisontal mengarah ketujuan merupakan isyarat tak sopan.
Di prancis: menceklekkan” jari tangan dan dan menepukan telapak tangan ke kepalan tangan merupakan  isyarat tak sopan.
Di filipina: orang asing tak boleh mengeritik seseorang atau lembaga meski secara bergurau di dalam pertemuan, orang –orang filipina boleh mengkritik sesamanya, tapi tak menyukai kritik orang luar atau orang asing
Di costa rica: pada waktu makan, kedua tangan harus ada diatas meja. Dalam petemuan, kontak mata tidak terlalu penting pada saat berbicara kepada kelompok.
b.      Etika Normatif
Etika normatif yaitu, Etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai.
Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Contoh etika normatif:
·         Menolak korupsi. Kolusi, nepotisme (KKN)
·         Menolak adanya prostitusi
·         Menolak tindakan penyalahgunaan terhadap NARKOBA
c.       Etika Metaetika
Merupakan etika yang berusaha memberikan arti istilah dan bahasa yang  di pakai dalam pembicaraan etika, serta cara berpikir yang di pakai untuk membenarkan pernyataan etika.
Metaetika merupakan hasil kajian dari etika deskriptif dan etika normatif, yang menjelaskan tentang ciri serta istilah yang berkaitan dengan tindakan bermoral atau sebaliknya seperti kebaikan, kejahatan, tanggungjawab dan kewajiban.
Contoh Metaetika:
·         Seorang anak menendang bola hingga jendela kaca pecah, secara metaetis, baik buruknya tindakan tersebut haruss dilihat menurut sudut pandang  yang netral.
·         Dari sudut pandang si anak, bukanlah suatu kesalahan apabila ia menendang bola ketika sedang bermain, karena memang dunianya (dunia anak-anak) salah satunya adalah bermain, apalagi ia tidak sengaja melakukannya.
·         Bagaimanapun juga hal seperti ini tida akan pernah menemui kejelassannya hingga salah ssatu pihak  terpaksa kalah  atau mungkin masalah menjadi  berlarut-larut. Mungkin juga kedua pihak dapat saling memberi maklum. Menyikapi persoalan semacam inilah, maka meta-etika  dijadikan bekal awal dalam mempertimbangkan  suatu masalah, sebelum penetapan hasil pertimbangan dibuat
E.     Perbedaan Etika Dan Etiket
·         Etiket: menyangkut bagaimana suatu perbuatan harus dilakukan dalam suatu pergaulan, berlaku untuk budaya tertentu.
·         Etika: berkenan dengan pemikiran yang mendasari perbuatan itu dilakukan dengan cara tertentu.
·         Contoh:
Budaya jawa menganggap tidak sopan untuk perilaku menyampaikan sesuatu kepada orang tua dengan tangan kiri. Budaya barat tidak mempermasalahkan tangan kiri/kanan. Budaya jawa tersebut diatas dapat berubah dengan pergeseran waktu dan budaya lain.
Memasukan bahan toksik dalam gelas seseorang secara sembunyi-sembunyi. Secara etika jelas melanggar, karena merugikan orang lain. Tetapi tidak menampakkan etiket yang menyalahi, bahkan orang lain pun tidak mengetahui.
F.      Teori-Teori Etika
·         Absolutis: teori ini menganggap bahwa kebenaran moral bersifat universal (biasa diterapkan dimana pun dan kapan pun).
·         Relativis, kebalikan dari absolut yaitu mempercayai bahwa kepercayaan moral itu tidak universal, setiap waktu atau tempat mempunyai nilai moralnya sendiri, yang berbeda satu sama  lain.
·         Teleologis, mempercayai bahwa nilai moral itu ditentukan dari akhir atau hasil tindakan.
·         Deontologis, kata deon dalam bahasa yunani berarti kewajiban, teori moral yang menekan kewajiban.
G.    Aliran-Aliran filsafat tentang Etika
·         Naturalisme, berpendapat bahwa  kebahagiaan manusia itu dedapatkan dengan menurutkan panggilan natural/fitrah kejadian manusia sendiri. Naturalisme berpendapat bahwa perbuatan susila ialah perbuatan yang  menimbulkan hendone (kenikmatan dan kelezatan).
·         Utilitarisme, berpendapat bahwa baik dan buruknya perbuatan manusia ditinjau dari kecil dan besarnya manfaatnya bagi manusia.
·         Idealisme, berpendapat bahwa perbuatan manusia janganlah terikat pada sebab musabab lahir, tapi haruslah berdasarkan pada prinsip ide yang tinggi.
·         Vitalisme, berpendapat bahwa baik dan buruknya perbuatan manusia ada tidaknya daya hidup ‘vital’ yang maksimum dalam mengendalikan perbuatan tersebut.
·         Theologis, berpendapat bahwa baik dan buruknya perbuatan manusia diukur dengan sesuai atau tidaknya dengan perintah tuhan.
H.    Hubungan Antara Etika Dan Ilmu
·         Etika adalah sebuah ilmu dan bukan sebuah ajaran. Jadi etika dan ajaran moral tidak berada di tingkat yang sama.
·         Ilmu dan etika sebagai suatu pengetahuan yang diharapkan dapat meminimalkan dan menghentikan oerilaku penyimpangan dan kejahatan di kalangan masyarakat.
·         Ilmu dan etika  diharapkan mampu mengembangkan kesadaran moral di lingkungan masyarakat sekitar agar dapat menjadi cendekiawan yang memiliki moral dan akhlak yang baik/mulia.
Contoh hubungan antara etika dan beberapa ilmu:
      Etika dan jiwa ilmu (psikologi), antara etika dan ilmu jiwa terdapat hubungan yang amat kuat. Ilmu jiwa menyelidiki dan membicarakan kekuatan perasaan,  paham, mengenal, ingatan, kehendak, sedangkan etika sangat membutuhkan obyek kajian ilmu jiwa. Pada masa sekarang ini, terdapat cabang ilmu jiwa yang disebut’ ilmu jiwa masyarakat” yakni menyelidiki soal bahasa bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan susunan masyarakat.
      Etika dan ilmu kemasyarakatan (sosiologi), hubungan diantara kedua ilmu ini erat, karena perbuatan manusia itulah yang menjadi topik kajiannya, disisi lain etika sangat mendorong untuk mempelajari kehidupan masyarakat yang mana itu menjadi pokok persoalan sosiologi.
I.       Kode Etik
            Etika memberikan  semacam batasan maupun standar yang mengatur pergaulan di dalam kelompok sosialnya. Etika kemudian dirupakan ke dalam bentuk aturan tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip moral yang ada dan pada saat dibutuhkan dapat difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika rasional umum dinilai menyimpang dari kode etik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar